English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

16 Maret 2009

Tutorial Membuat blog

Sudah banyak tutorial yang menjabarkan tentang bagaimana cara membuat blog, disini saya akan memberikan ulasan tentang blog dan semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkan.

Cara membuat blog

Seperti halnya e-mail, dalam membuat blog pun kita harus mempunyai sebuah account terlebih dahulu, oleh karena itu silahkan daftarkan diri anda terlebih dahulu di free blog provider (penyedia hosting/domain blog gratis). Free blog provider sangatlah banyak terdapat di internet dan beberapa yang populer saat ini adalah blogger, wordpress serta blogsome.

Dalam kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang cara pembuatan blog di blogger, Silahkan anda klik gambar dibawah ini untuk mendaftar

ciptakan blog sekarang juga


Setelah anda berada pada situs blogger.com, anda akan melihat gambar seperti gambar di atas. Silahkan lakukan langkah-langkah berikut ini :

  1. Klik tanda anak panah yang bertuliskan " CIPTAKAN BLOG ANDA "


  2. Isilah Alamat Email dengan alamat email anda (tentunya yang valid)


  3. Isikan kembali alamat email anda tadi pada form Ketik ulang alamat email


  4. Tuliskan password yang anda inginkan pada form Masukkan sebuah password


  5. Isikan kembali password anda tadi pada form Ketik ulang sandi (password)


  6. Isi Nama Tampilan dengan nama yang ingin anda tampilkan


  7. Tulis tulisan yang tertera pada form Verifikasi Kata. Beri tanda tik/cek pada kotak di pinggir tulisan Saya menerima Persyaratan dan Layanan.


  8. Klik gambar anak panah yang bertuliskan "LANJUTKAN"


  9. Tuliskan judul blog yang anda inginkan (nanti bisa di rubah lagi) pada form Judul Blog


  10. Tulis nama situs anda pada form Alamat Blog (URL)


  11. Tulislah tulisan verifikasi yang ditampilkan pada form Verifikasi kata, jika sudah selesai klik gambar panah yang bertuliskan "LANJUTKAN".


  12. Pilihlah gambar (template) yang anda inginkan (nanti bisa di rubah lagi), kemudian klik gambar anak panah yang bertuliskan "LANJUTKAN"


  13. Setelah keluar tulisan "Blog Anda telah di ciptakan". Klik gambar panah bertuliskan "MULAI POSTING". Silahkan anda tuliskan semau anda, jika sudah selesai klik tombol "MEMPUBLISKAN POSTING".


Isi ( Content ) blog :

Isi ( content ) dari sebuah blog tentu saja terserah kepada si pemilik blog itu sendiri, apakah mau di isi puisi, perjalan hidup, teknik, ataupun apa saja. Nah di sini saya menyarankan, isilah blog anda tersebut dengan minat ataupun hoby serta keahlian anda sendiri, karena tentu saja di luar sana banyak sekali orang yang tentunya sama minat dan hoby nya dengan anda, sehingga mereka akan tertarik untuk membaca tulisan-tulisan anda.
Khusus blog yang akan digunakan untuk bisnis internet atau make money online seperti blog adsense, diperlukan konten berbahasa asing, khususnya bahasa inggris, agar blog kita bisa diterima money makers program seperti Adsense, dan konten blog kita bisa dinikmati masyarakat maya di seluruh dunia. Hal ini mungkin tidak masalah bagi anda yang memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik.
Tapi jangan khawatir untuk yang kesulitan menulis konten bahasa inggris, internet menyediakan segudang konten gratis yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi blog, tentunya denga mematuhi Term of Use penyedia konten, misalnya menuliskan sumber konten (Link) pada setiap konten yang dipublish di blog kita.

Ada beberapa website penyedia konten gratis antara lain :

ezinearticles
goarticles
articlecity

Tetapi penggunaan konten gratis ini memiliki kekurangan, yaitu adanya duplicatecontent
menyebabkan sulitnya blog terindex search engine, selain itu pengunjung blog biasanya lebih menyukai konten yang original. Untuk yang memiliki cukup modal, hal ini bisa diatasi dengan menggunakan jasa content writer, misalnya di forum-forum bisnis, biasanya banyak content writer yang bersedia menulis artikel original dengan bayaran yang terjangkau. Selain itu bisa juga menggunakan tools atau software yang tersedia di internet, seperti Content Creator Pro , Article Spinner & Duplicate Content Detonator.

Jika tidak memiliki modal, maka anda harus menyempatkan waktu untuk membuat artikel sendiri dengan referensi artikel lain yang ada diinternet unruk kemudian digabungkan menjadi sebuah artikel dengan gaya bahasa sendiri. Untuk yang masih kesulitan juga menulis konten sendiri, jangan khawatir tulis saja konten anda dalam bahasa indonesia, selama informasi itu berharga dan bermanfaat. Yang terpentingadalah mengupdate terus blog, untuk mempertahankan pembaca setia agar terus berkunjung ke blog. Setelah pengunjung banya, manfaatkan blog anda untuk menghasilkan uang, dengan menjual spot iklan, ataupun join ke make money online program seperti GoogleAdsense atau Kumpulblogger jika konten berbahasa indonesia.

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar